Belajar dari Kegagalan

Gagal, seakan-akan menjadi kata yang ditakuti. Orang takut akan kegagalan. Ketika kegagalan menghampiri seseorang, orang itu menjadi tertekan, dan terkadang orang itu meratapi kegagalan itu, dan menyerah.

Saya jadi ingat ketika menonton film “Meet the Robinsons”. Dalam film itu ada quote yang bisa membuat orang tegar dalam menghadapi kegagalan. Quote itu adalah

Keep moving forward!

Wehehe.. kegagalan itu hal yang biasa. Dari kegagalan, orang bisa terpuruk. Tapi dari kegagalan juga, orang bisa belajar lebih banyak. Dan orang-orang yang sukses bukan berarti orang yang tidak pernah mengalami kegagalan. Saya sependapat dengan postingan blog teman saya, bahwa orang yang sukses dapat dilihat dari bagaimana orang itu menghadapi kegagalan.

So, jangan takut gagal, belajarlah dari kegagalan, dan keep moving forward! 😀

*diangkat dari pengalaman pribadi

2 Responses to Belajar dari Kegagalan

  1. Dipta berkata:

    Hehe,, first nih ,, gw link blognya kk 😀 Justru kalo kita pernah gagal di suatu hal, insya Allah kegagalan tersebut merupakan kegagalan yang tidak kita ulangi lagi di masa depan,, kita cukup berusaha dengan keras,, jika Tuhan berkata lain, ya terima dengan lapang dada,, barangkali kegagalan saat ini merupakan langkah awal kesuksesan di masa mendatang 🙂

  2. rita berkata:

    Orang diwajibkan untuk berikhtiar, selanjutnya bertawakal. Tawakal artinya kita pasrah pada takdir Allah. Jadi entah hasil ikhtiar kita berhasil atau gagal, itulah kehendak Allah. Gagal bukan berarti buruk, karena Allah tidak pernah salah membuat takdir. Justru kegagalan itu adalah takdir terbaik menurut Allah untuk kita.

Tinggalkan komentar